Pemenangnya adalah...

UERO 2008 telah berakhir. Spanyol menjuarai setelah mengalahkan Jerman 1-0 melalui gol yang dicetak oleh Fernando Torres. Lebih dari itu pemenang dari kompetisi itu adalah sepakbola. Kemenangan Spanyol terasa lengkap, karena meski tidak bermain, David Villa keluar sebagai topscorer.

Permainan yang jujur, focus pada pertandingan, focus kepada kemenangan, permainan cantik, indah, dan menyerang. Pertandingan yang menghibur, yang terus menyerang meski telah memasukkan gol. Sungguh sepakbola keluar sebagai pemenang.
Sementara itu kecerobohan dan kelengahan gagal bersinar. Mereka yang tidak bisa melepaskan beban-bebannya akan tertinggal, akan tergilas. Sepakbola hanya memiliki satu bahasa, bermain menyerang, jujur dan fair. Itulah permainan kehidupan. Mereka yang oportunis, yang kurang giat bekerja, kurang semangat berusaha akan tergilas oleh mereka yang terus bersemangat membara.
Mereka yang masih menoleh ke belakang meski telah memilih dan menentukan tujuan akan gagal. Mereka yangtelahmenyatakan diri mengikuti Yesus dan masih memikirkan yang lainakan gagal berlaku sebagai murid. Mereka yang telah menyatakan diri mengikuti Yesus harus berani melepaskan segalanya. Mengikuti Yesus mesti berlaku sebagai seorang yang bermain sepak bola, bermain dengan penuh hasrat meraih kemenangan. Karena jika burung memiliki sarang, Yesus tidakmemiliki tempat untuk merebahkan badan.
UERO 2008 telah berakhir, namun kehidupan belum berakhir. Semangat sepakbola yang jujur, yang terus mengobarkan semangat baja hingga peluit berakhir mesti menjadi motor penggerak hidup. Spanyol menang karena mereka terus focus kepada permainan dan kemenangan. Mereka tidak memedulikantim yang lain, mereka terus focus dengan diri mereka sendiri. Spanyol sungguh juara sejati karena selama kompetisi. Mereka tidak pernah kalah.
Mereka yang terus berjuang dantidakpernah menyerah memang layak menyandang predikat juara sejati. Juga dalam hidup, berjuanglah terus sampai peluit akhir hidup dibunyikan. Jangan pernah ada kata menyerah.
Salam.


Comments

Popular Posts