Tony Melendez


You are my God and in You I will trust. Ungkapan ini keluar dari hati Tony Melendez, pemuda kelahiran Nicaragua. Pengalaman hidupnya mengajari banyak hal bahwa hanya Tuhan yang patut menjadi sumber kepercayaan. Apapun yang kita alami.

Tony Melendez seorang penyanyi sekaligus pemain gitar. Ia lahir tahun 1962 dengan tanpa kedua lengan. Tentu saja kenyataan ini menyedihkan bagi kedua orangtuanya. Namun mereka mencoba memahami rencana besar Tuhan di balik itu semua. Ketika masih anak-anak Tony pun mengalami banyak kesulitan. Kerap iamendapatolok-olokan karena tidak memiliki lengan padahal teman-temannya memiliki lengan.
Beranjak dewasa ia makin mengerti rencana Tuhan itu. Ia tidak memprotes, namun mensyukuri dengan mengembangkan segala kemampuannya. Ia bernyanyi dan mulai memainkan guitar. Tentu saja ia menyetel guitarnya sesuai dengan kemampuannya.
Saat yang sangat membanggakana dalah ketika ia tampil di hadapan Paus Yohanes PaulusII tahun 1987 di LA. Saat itu paus memujinya dan berpesan, “Saya berharap kamu terus melanjutkan untukmenumbuhkan harapan bagiorang lain dan kamu terus berada dalam apa yang kamu kerjakan.”
Menumbuhkan banyak harapan bagi orang lain. Itulah yang ia kerjakan. Ia menjadi motivator melaluilagu-lagu dan penampilannya. Ia yang tidakmenyerah dengan keadaan, ia yang tidak menyalahkan Tuhan dengan keadaannya. Ia yang sungguhpercaya kepada Tuhan.
Ia tidak takut meski badannya tidak sesempurna banyak orang. Ia tetap melihat kehadiran Tuhan maka ia tidak takut. Hal ini tentu berbeda denganpara rasul yang takut ketika perahu yang mereka tumpangidiombang-ambingkan ombak. Mereka membangunkan yesus agar menenangkan badai. Dan tentu saja itu membuat Yesus marah. “Mengapa kamu takut, kamu yang kurang percaya?” (Mat 8:23-27)
Tony Melendez percaya akan penyertaan dan kebesaran Tuhan. Maka ia tidak takut. Ia tetap percaya dan seluruh keyakinannya mengalir dari-Nya. Sedangkan kita kerap berlaku seperti para rasul yang ketakutan karena kita kurang percaya. Mari kita belajar dari Tony Melendez untuk percaya dan tidak takut. You are myGod, and in You I will trust.


Comments

Popular Posts