Rekoleksi

Rekoleksi. Artinya mengumpulkan kembali. Bukan mengumpulkan barang-barang, tetapi pengalaman-pengalaman. Bukan hanya pengalaman baik, namun juga pengalaman yang tidak baik. Yang sedih maupun yang menyenangkan. Pengalaman itu dikumpulkan untuk direfleksikan dibawa kepada Tuhan untuk 'disempurnakan'. Harapannya sesudah rekoleksi mendapatkan kesegaran baru.

22-23 Nov kemarin, seluruh siswa/i katolik dibawa oleh Romo Sonny ke Ngadireso untuk mengadakan rekoleksi. Rekoleksi ini sebagai persiapan memasuki masa Adven dan Natal. Acaranya hanya doa dan doa, serta pengakuan dosa. Tidak seperti biasanya, ada permainan dll, tetapi kemaren tidak ada sama sekali.
Dasar pemikirannya sederhana, anak-anak sudah biasa bermain-main, masak rekoleksi juga harus bermain-main lagi?
Emang akibatnya banyak yang merasa bosen, boring, dll. Namun satu hal yang kami harapkan bahwa kasih Allah mengalir dalam diri mereka. Kita tidak tahu bagaimana Allah melaksanakan karya-karya-Nya.
Ungkapan lama, manusia hanya berusaha dan Allah yang akan menggenapinya. Semoga pengalaman akan Allah sungguh hadir dalam diri mereka, semoga setiap pengalaman, entah apa rasanya, membuat mereka berkembang lebih baik.

Comments

Popular Posts