TELINGA

Telinga rupanya perlu dibiasakan. Akhir-akhir ini saya suka mendengarkan radio online. Dulu mendengarkan radio BBC, telingaku ga menangkap sama sekali, ngomongnya cuepet dan ga jelas. Sepertinya mereka hanya mendesis saja. Repot.
Sekarang suka mendengarkan Radio ABC, beberapa hal bisa tertangkap telinga, tetapi banyak hal lewat. Lewat karena beberapa kata pengucapannya beda banget dengan apa yang aku pelajari di sekolah.
Melihat kesulitanku ini seorang teman memberi peneguhan. Ga usah khawatir, meski ga ngerti dengarkan terus,karena dengan sendirinya telingamu akan terlatih dan suara-suara itu akan masuk ke dalam otak dan hatimu, hingga pada satnya nanti akan keluar juga. Dengarkan saja. Latih terus telingamu agar terbiasa mendengar suara-suara itu.
Jangan terlalu bingung kalau kamu sekarang tidak mengerti.
Kiranya melatih telinga mendengarkan suara-suara aneh, seperti halnya melatih telinga-hati untuk mendengarkan Sabda Tuhan. Mungkin awalnya kita tidak mengerti apa maksud dari Sabda Tuhan itu, tetapi 'curahan' Sabda itu akan masuk ke dalam hati melalui telinga, tertekan dalam otak dan mengendap dalam kesadaran. Hingga pada akhirnya keluar dengan sendirinya.
Telinga akan terlatih dengan apa yang biasa ia dengar. Jika yang biasa ia dengar adalah suara yang baik, maka ia akan terlatih juga dalam hal yang baik, hatinya juga akan diisi hal yang baik pula.
Mendengar peneguhan teman saya tadi, saya ingin membiasakan memberi isi hati saya dengan yang baik, dengan terbiasa mendengarkan yang baik, sekalian melatih telinga saya untuk mendengarkan hal-hal yang baik pula.

Comments

Popular Posts