Hubungan kekerabatan Yesus Kristus dan Yohanes Pembaptis

Sahabat, dalam Kitab Suci Injil Matius dan injil Lukas, kita bisa membaca silsilah Yesus Kristus. Biasanya disebut dari atas, siapa memperanakkan siapa dan seterusnya. Lalu ada kisah yang menyebutkan bahwa Yesus masih bersaudara dengan Yohanes Pembaptis. Hubungannya di mana? letak bersaudaranya di mana? Saya akan menceritakannya.
Oh iya, cerita mengenai mengenai hubungan kekerabatan keduanya saya peroleh dari cerita Venerabilis Anne Catherine Emmerich, ceritanay dibukukan dengan judul "Kehidupan Santa Perawan Maria". Dan di awal kisah ini saya ingin menekankan bahwa saya tidak memaksa Anda untuk percaya dengan cerita saya. Bagi saya pribadi, cerita ini menambah cinta saya kepada Tuhan.

Dalam silsilah yang ditulis dalam Injil, semuanya berujung kepada Yusuf, yang bukan ayah biologis Yesus. Jadi sebenarnya agak susah memahaminya. Tetapi harus dimengerti bahwa dalam adat Yahudi, ayah secara hukum sudah dianggap sebagai ayah sah. Hukum ini juga berlaku di Indonesia, misalnya mengenai hak waris, ataupun pelepasan hak waris oleh seorang anak adopsi, seandainya diketahui orangtua biologisnya; yang harus menandatangani adalah orangtua adopsi. Atau anak hasil adopsi juga tidak boleh menikah dengan saudara atau saudari angkatnya. Meskipun secara darah tidak ada hubungan sama sekali, tetapi mereka sudah terikat secara hukum.

Baiklah saya mulai saja cerita asal usul mengapa Yesus bisa berkerabatan dengan Yohanes Pembaptis. Kita semua tahu bahwa Yesus dilahirkan oleh Bunda Maria. Sedangkan Bunda Maria dilahirkan oleh Santa Anna. Suami Santa Anna berna Santo Joachim (Yoakhim). Nahhh Yoakhim ini masih keturunan Raja Daud dari garisnya Nathan (baca Injil Lukas). Kalau Santo Yusuf itu keturunan Raja Daud dari garis Salomo (Baca Injil Matius).

Berikutnya, Santa Anna ini anak dari pasangan Levite dan Ismeria. Mereka ini adalah Mbah Buyutnya Yesus. atau kakek neneknya Bunda Maria. Sampai di sini semoga bisa memahami. Ismeria, nenek dari Bunda Maria ini memiliki saudari yang bernama Emerentia. Emerentia menikah dengan Aphras dan memiliki dua orang anak. yaitu elisabeth dan Rhode.

Nahhh Elisabeth ini menikah dengan Zakharia dan dari mereka lahirlah Yohanes Pembaptis. Jadi dong ya ceritanya, hubungan kekerabatan antara Yesus dengan Yohanes Pembaptis. Jadi Yohanes Pembaptis itu masih tergolong pamannya Yesus, meskipun dari segi usia hanya terpaut 6 bulan. Karena Elisabeth, ibu dari Yohanes Pembaptis berada satu garis dengan Anna, nenek dari Yesus.

Oke, nggak usah pusing.
Yang pasti kelahiran Yohanes pembaptis adalah karena kehendak Allah, untuk mempersiapkan jalan bagi Yesus.
Apakah kita juga sudah mempersiapkan jalan bagi Yesus?

salam 



Comments