Mengapa saya mengagumi Bartimeus?

Sahabat, terakhir kali saya menulis di sini adalah 12 Mei yang lalu, ketika saya merayakan ulang tahun tahbisan ke-10. Kala itu saya merenungkan "Oseng Pare". Jika ingin membaca kisah mengapa saya begitu mencintai oseng pare, bahkan bagi saya oseng pare menjadi "menu utama" dalam merayakan ulang tahun tahbisan, silahkan mencari sendiri artikelnya. 
Kali ini saya ingin membuat catatan mengapa saya begitu mengagumi Bartimeus, seorang pengemis buta di kota Yerikho. Tentu saja kali ini bukanlah yang pertama saya membuat catatan mengenai orang hebat ini, yang bagi saya seumpama guru doa. Saya ingat enam tahun yang lalu, di tempat yang sama (pasturan gereja Maria Kusuma Karmel, Jakarta) saya membuat catatan mengenai Bartimeus anak Timeus.  Waktu itu saya menulinya dalam bentuk note di FB. Kemudian beberapa kali juga membuat catatan singkat mengenai Bartimeus entah dalam renungan-renungan singkat.
Sejak awal saya kesengsem dengan Bartimeus sebagai seorang guru doa. Sebagai seorang pribadi yang mengerti bagaimana harus berdoa. Doa yang bukan menekankan kepada metode tertentu tetapi kepada kerinduan hati akan Sang Pencipta. Seperti halnya yang diajarkan oleh Santo Yohanes Salib bahwa inti sebuah doa adalah kerinduan yang mendalam dalam hati untuk bisa menjalin relasi secara pribadi dengan Tuhan. Dalam mengungkapkan kerinduan ini orang bisa menggunakan banyak metode. Setiap metode disesuaikan dengan karakter pribadi yang bersangkutan, sesuai dengan ketertarikan hatinya.

Mari kita lihat apa yang terjadi di pinggir jalan di Yerikho tersebut. Saat itu ada seorang yang buta duduk di pinggir jalan. Disebutkan bahwa nama orang buta itu adalah Bartimeus anaknya Pak Timeus. Dia setiap hari duduk di sana mengemis. Hari itu suasana agak berbeda, bahkan mungkin sangat berbeda, ada keramaian yang melebihi biasanya. Kemudian dia bertanya kepada orang-orang yang ada di sekitarnya. "Yesus dari Nazareth sedang lewat." Itu jawaban yang dia peroleh.
Yesus sedang lewat, bukan sedang duduk mengajar. Artinya, Yesus berada di sana hanya sekadar lewat dan waktunya sangat singkat. Hanya beberapa langkah atau beberapa saat mungkin Dia akan menjauh.
Di sini lain, Bartimeus kemungkinan telah banyak mendegar cerita tentang siapa Yesus. Dan inilah saatnya, inilah saat kerinduan hatinya akan bisa terobati. Waktunya tidak banyak, kesempatan itu akan segera lewat kalau dia tidak memanfaatkannya. Maka dengan engkapan yang singkat namun jelas dia berteriak:

"YESUS ANAK DAUD, KASIHANILAH AKU!!!"

Teriaknya belum mampu menarik perhatian Yesus, sebaliknya mengganggu orang-orang yang ada di sekitar Yesus. Merekalah yang pertama-tama bereaksi. "Hai orang buta, jangan berisik!!!"

Tetapi Bartimeus pantang menyerah. Dia tahu kesempatan itu bisa saja lewat begitu saja dan dia tidak akan memiliki kesempatan kedua di lain waktu. Dia tida bisa meunggu. Dia tidak mau selamanya duduk di pinggir jalan itu dan mengemis. Maka dengan lebih keras dia berteriak:

"YESUS ANAK DAUD, KASIHANILAH AKU!!!!"

kali ini teriakannya sampai ke telinga Yesus. Kali ini usahanya membuahkan hasil. Yesus mendengar suara seseorang berteriak. Kemudian Yesus meminta agar orang tersebut dibawa mendekat. Maka orang-orang yang berada di dekat Bartimeus berkata : "Kuatkanlah hatimu, Yesus memanggil engkau!"

Bartimeus tahu diri. Dia mengerti bahwa kondisinya sangat kotor. Dia tidak mampu melihat kotor itu seperti apa dan bersih seperti apa. Namun dia mengerti, bahwa kondisinya tidak pantas di hadapan Yesus. Maka dia lepaskan pakaian luarnya, dia tanggalkan kehidupan lamanya dan siap menemui Yesus, siap menyongsong hidup baru bersama Yesus.

Saya bayangkan bahwa semua orang yang ada di sana terdiam dan memandang ke arah Bartimeus yang dituntun berjalan menuju tempat Yesus berada. Saya bayangkan bahwa hati Bartimeus bergemuruh hebat. Dia dipanggil Yesus. Kesempatan itu akhirnya datang juga. segala kerinduan hatinya akan terpenuhi. Dia akan bisa melihat.

Maka begitu Yesus bertanya apa yang dia inginkan, Bartimeus dengan sedikit tergetar menjawab:

"RABUNI...., SAYA INGIN MELIHAT...!

Yesus mengabulkan permohonan Bartimeus.

Sahabat, mengapa saya begitu mengagumi Bartimeus sebagai guru doa? Karena dia memiliki kerinduan yang besar akan Tuhan sebagai satu-satunya yang mampu mengubah hidupnya. Dengan jelas dan tegas dia bisa mengungkapkan apa kerinduannya. Bukan hanya itu, setelah disembuhkan dia juga mengikuti Yesus. Hal ini yang sungguh luar biasa. Setelah keinginannya terpenuhi, dia tidak lupa akan siapa yang menyembuhkan. Dengan sukacita Bartimeus mengikut Yesus. Dia ingin mengisi hidup barunya sebagai murid Yesus.

Rasanya merenungkan semangat Bartimeus yang dengan penuh kegembiraan mengikut Yesus, mampumenambahkan semangat dalam jiwa yang lelah dalam mengikut Yesus. Rasanya kesederhanaan Bartimeus membantu jiwa yang galau akan banyak hal yang tidak jelas apa yang diminta. Rasanya, tidak ada alasan lain untuk tidak percaya bahwa DIA memang satu-satunya yang mampu mengubah hidupku.

Jakarta, 25 Oktober 2015
Maria Kusuma Karmel



Comments

Buah mangga akan tetap menghasilkan buah mangga tidak berubah menjadi buah durian.
Unknown said…
Bak kafilah haus dapat air kelapa, begitu kata Rendra, begitu pula tentunya orang-orang yang sudah lama menunggu tulisan Romo. Pas betul dengan Bacaan Injil hari ini. Dan pas sekali kalau Bartimeus disebut “guru doa”, yang rindu sekali akan Yesus. Doa adalah pelampiasan rasa rindu pada Tuhan.
Ada cerita tentang Ibu Teresa dari Kolkata: ketika ditanya apa yang dikatakannya dalam doa-doanya kepada Tuhan, Ibu Teresa menjawab: “Saya tidak berkata apa-apa, cuma mendengar.” “Lalu, kalau Ibu cuma mendengar, apa yang dikatakan Tuhan kepada anda?” sambung si penanya. Ibu Teresa menjawab: “Tuhan juga tidak berkata apa-apa. Kami hanya bersanding, sama-sama rindu. Itulah doa.”
Menunggu tulisan Romo lebih lanjut. Jangan biarkan kami menunggu lama, seperti yang terjadi di rumah makan “Sabar Menanti”.
Istas Hidayat
MoRis HK said…
@ pencari cinta sejati, thanks
@ istas hidayat, omm, bagaimana kabarnya. semoga semuanya sehat dan baik selalu. saya akan usahakan untuk bisa menulis, agar tidak lelah menunggu...
Bnr skali. Slma ni rajin menulis. Saya yakin akn tetap hadir krn yg dicari sdh dpt. Sdh mendapat kepenuhan hidup. Smga tdk hy teori.
MoRis HK said…
@pencari cinta sejati... semoga...

Popular Posts