DEVOSI (NOVENA) MANTEL SUCI SANTO YOSEF


DEVOSI (NOVENA) MANTEL SUCI SANTO YOSEF

Devosi Mantel Suci St. Yosef ini untuk menghormati St. Yosef, dilakukan dengan cara tertentu dan khusus untuk mendapat perlindungan dari Santo agung ini dan juga untuk memberi penghormatan baginya.

Wajib didoakan tiga puluh hari berturut-turut atas kenangan 30 tahun St. Yosef habiskan mendampingi Yesus Kristus, Putera Allah.

Jika karena alasan tertentu kita tidak dapat mendoakan pada waktunya, kita boleh merampungkannya pada hari ke-30 sebanyak kewajiban yang terlewatkan.

Rahmat LUAR BIASA yang diperoleh lewat doa ini sudah tak terhitung banyaknya. Bahkan, St. Theresia mengatakan: "Jika engkau benar-benar ingin meyakini keampuhannya, BUKTIKAN TERHADAP DIRIMU SENDIRI dengan mendoakan Devosi ini dan kamu akhirnya akan percaya."

Doa paling manjur untuk mendoakan Jiwa-jiwa di Api Penyucian.

Sama seperti keprihatinan kita untuk membantu mengeringkan air mata jiwa-jiwa yang menderita di Api Penyucian, demikian pula kita dapat harapkan St. Yosef akan membantu mengeringkan air mata dalam kebutuhan kita. Dengan cara ini, Mantel Suci St. Yosef akan menaungi kita dan akan berfungsi sebagai perisai terhadap semua bahaya yang menimpa kita sehingga dengan rahmat Allah, suatu hari kelak kita semua dapat memperoleh keselamatan abadi.

Tuhan kita dan Bunda Maria mengajak kita untuk mencintai dan menghormati dan berdoa kepada St. Yosef:

Yesus sendiri berkata kepada St. Margaret: "Aku berharap bahwa setiap hari engkau persembahkan doa khusus kepada ibuku dan St. Yosef, bapak angkat-Ku tercinta." Bunda Maria berkata kepada Yang Dihormati Dagreda: "Pastikan bahwa kamu terus-menerus meningkatkan cinta dan devosi kepada Santo besar ini. Dalam semua kebutuhanmu, dirimu harus memanfaatkan perlindungannya, dalam segala keadaan, engkau harus mendorong sebanyak mungkin orang kepada devosi ini... karena sesungguhnya, apa pun yang pasangan setiaku mohonkan di Surga, Allah Yang Maha Kuasa akan mengaruniakannya di Bumi."

 

DOA DEVOSI JUBAH SUCI

Dalam nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. Amin.

Yesus, Maria dan Yosef, aku persembahkan pada-Mu hati dan jiwaku.

(Doakan Kemuliaan... 3 kali sebagai ungkapan syukur kepada Bapa Surgawi kita karena telah meninggikan St. Yosef ke martabat yang luar biasa.)

Doa aku percaya

 

PERSEMBAHAN

1

St. Yosef Bapa yang Mulia, dengan rendah hati aku bersujud di hadapan-Mu. Aku mohon kepada Tuhan Yesus, kepada Mempelaimu yang Tak Bernoda Santa Perawan Maria, dan kepada semua malaikat dan Orang Kudus dalam Kerajaan Surga, untuk bergabung denganku dalam devosi ini. Aku persembahkan padamu Mantel berharga ini, sambil mengikrarkan iman dan devosi yang tulus. Aku berjanji melakukan dengan sekuat tenaga penghormatan kepadamu sepanjang hidupku untuk membuktikan cintaku kepadamu.

Bantu dan tolonglah aku St. Yosef, sekarang dan sepanjang hidupku, terutama pada saat kematianku, sebagaimana engkau dibantu oleh Yesus dan Maria, sehingga kelak aku dapat bergabung denganmu di Surga dan menghormati engkau selama-lamanya. Amin.

(memanjatkan permohonan)

 

2

St. Yosef Bapa yang Mulia, dengan bersujud di hadapanmu dan Putera Ilahi-Mu, Yesus, aku persembahkan kepadamu, dengan devosi tulus, harta berharga dalam doa ini, yang didasari atas banyaknya kebajikan yang menghiasi dirimu yang suci. Pada dirimu, ya Bapa yang Mulia, telah dipenuhi impian pendahulumu Yusuf, yang memang tampaknya telah dikirim Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagi kehadiranmu di dunia ini. Bahkan, engkau tidak hanya diselubungi keindahan cahaya Matahari Ilahi yang berkilau: Yesus, tetapi engkau juga memantulkan dengan indah cahaya cemerlang bulan mistikal: Santa Perawan Maria. Ya Bapa yang Mulia, jika teladan Yakub di masa lalu, yang secara pribadi pergi untuk mengucapkan selamat kepada putera kesayangannya yang ditinggikan di atas takhta Mesir, dilayani untuk membawa semua keturunannya ke sana, tidakkah teladan Yesus dan Maria, yang memberi penghormatan dan kepercayaan terbesar kepadamu, juga dapat membawaku, hamba setiamu, untuk menyajikan padamu Mantel berharga ini demi kehormatanmu?

St. Yosef yang Agung, karuniakanlah sehingga Allah yang Mahakuasa menolehkan pandangan yang murah hati ke padaku. Sebagaimana Yusuf di masa lalu tidak menolak saudara-saudaranya yang bersalah dan kejam, melainkan menerima mereka dengan cinta dan melindungi dan menyelamatkan mereka dari kelaparan dan kematian, aku mohon kepadamu, Ya Bapa yang Mulia, melalui perantaraanmu, berilah sehingga Tuhan tidak akan pernah meninggalkanku di lembah pengasingan yang penuh duka. Berikanlah sehingga Dia selalu memperhitungkan aku sebagai salah satu hamba setiamu yang hidup tenang di bawah naungan Mantel Sucimu. Anugrahi aku selalu hidup dalam naungan perlindungan ini, setiap hari dalam hidupku dan khususnya pada saat aku mendekati ajalku.

 

DOA-DOA

I

Salam St. Yosef yang Mulia, kepadamu dipercayakan harta Surga dan Bumi yang tak ternilai dan menjadi bapak angkat Dia yang memelihara semua makhluk alam semesta. Setelah Maria, engkaulah Santo paling layak menerima cinta dan devosi kami. Hanya Engkau, melebihi semua Orang Kudus, dipilih untuk kehormatan tertinggi itu, untuk membesarkan, membimbing, memelihara dan merangkul Mesias, yang bahkan begitu banyak raja dan nabi ingin melihat-Nya.

St. Yosef, selamatkanlah jiwaku dan dapatkan bagiku dari Kerahiman Ilahi Allah permohonan yang aku dengan rendah hati doakan. Dan untuk Jiwa-jiwa Suci di Api Penyucian, berikan kenyamanan besar dari rasa sakit mereka.

(Bapa Kami, Salam Maria, dan Doa Kemuliaan)

 

II

O St. Yosef yang penuh daya, engkau dinyatakan sebagai Pelindung Gereja Semesta, oleh karena itu aku mohon kepadamu, melebihi Orang Kudus lainnya, sebagai pelindung utama mereka yang menderita, dan aku persembahkan penghormatan tak terhingga kepada hatimu yang paling murah hati, yang selalu siap untuk membantu dalam kebutuhan.

Kepadamu St. Yosef yang Mulia, datang para janda, anak yatim piatu, yang ditinggalkan, yang menderita dan yang tertindas. Tidak ada kesedihan, sakit hati atau penderitaan yang engkau tidak hiburkan. Aku mohon kepadamu, berkenanlah demi namaku menggunakan karunia-karunia yang Allah berikan kepadamu, sampai aku diberikan jawaban dari permohonanku. Dan kepadamu, Jiwa-jiwa Kudus di Api Penyucian, doakanlah aku kepada St. Yosef.

(Bapa Kami, Salam Maria, dan Doa Kemuliaan)

 

III

Tak terhitung mereka yang telah berdoa kepadamu sebelum aku dan telah menerima sukacita dan kedamaian, rahmat dan kemurahan. Hatiku begitu sedih dan berduka, tidak dapat menemukan ketenangan di tengah-tengah pencobaan yang menimpaku ini. O St. Yosef yang Mulia, engkau tahu segala kebutuhanku bahkan sebelum aku ungkapkan dalam doa. Engkau tahu betapa pentingnya permohonan ini bagiku. Diriku bersujud di hadapanmu saat aku mendesah dibawah beban berat dari masalah yang menghadapiku.

Tidak ada hati manusia di mana aku dapat mencurahkan kesedihanku; dan bahkan sekiranya aku menemukan makhluk yang penuh kasih yang bersedia untuk membantuku, ia masih tak akan mampu untuk membantu aku. Hanya Engkau St. Yosef yang dapat membantuku dalam kesedihanku dan aku mohon engkau mendengarkan permohonanku.

Beruntung St. Theresa meninggalkan tulisan dalam dialog sehingga dunia boleh tahu "Apa pun yang engkau mohon kepada St. Yosef, kamu akan menerimanya."

O St. Yosef, penghibur yang berkesusahan, kasihanilah kesedihanku dan kasihanilah para Jiwa Malang yang berharap demikian besar dalam doa-doa mereka kepadamu.

(Bapa Kami, Salam Maria, dan Doa Kemuliaan)

 

IV

O St. Yosef Bapa yang Agung, karena ketaatanmu yang sempurna kepada Allah, engkau boleh menjadi perantara bagiku.

Demi hidup sucimu yang penuh rahmat dan kebaikan, dengarkanlah doaku.

Demi namamu yang termanis, bantulah aku.

Demi air matamu yang tersuci, hiburlah aku.

Demi tujuh dukamu, jadilah perantara bagiku.

Demi tujuh sukacitamu, hiburlah aku.

Dari semua bahaya bagi tubuh dan jiwa, bebaskanlah aku.

Dari semua ancaman bahaya dan bencana, selamatkanlah aku.

Bantulah aku lewat perantaraanmu yang ampuh dan melalui kekuatan dan belaskasihanmu, dan upayakan bagiku semua yang dibutuhkan untuk keselamatanku dan khususnya bantuan yang sekarang aku sangat butuhkan.

(Bapa Kami, Salam Maria, dan Doa Kemuliaan)

 

V

St. Yosef yang Mulia, tak terhitung jumlahnya rahmat dan bantuan yang engkau telah berikan bagi jiwa-jiwa menderita. Segala jenis penyakit, mereka yang tertindas, dianiaya, dikhianati, kehilangan semua kenyamanan manusiawi, bahkan mereka yang membutuhkan roti bagi hidup mereka─semua yang memohon perantaraanmu yang penuh daya dihibur dalam penderitaan mereka.

St. Yosef yang baik, jangan biarkan diriku menjadi satu-satunya yang disangkal dari semua yang memohon kepadamu, aku dengan penuh kesungguhan mohon permohonan ini kepadamu. Tunjukkan juga kepadaku kebaikan dan kemurahan hatimu, sehingga aku boleh berseru dengan penuh syukur, "Kemuliaan selama-lamanya bagi Bapa Kudus kami St. Yosef, pelindungku terbesar di Bumi dan pembela Jiwa-jiwa Suci di Api Penyucian."

(Bapa Kami, Salam Maria, dan Doa Kemuliaan)

 

VI

Bapa yang Kekal di Surga, atas jasa-jasa Yesus dan Maria, aku mohon kepada-Mu untuk mengabulkan permohonanku. Dalam nama Yesus dan Maria diriku bersujud ke hadirat Ilahi-Mu dan aku mohon kepada-Mu untuk menerima permohonan yang penuh harap ini, agar aku bertekun dalam doa-doaku sehingga aku dapat terhitung diantara kerumunan mereka yang hidup di bawah perlindungan St. Yosef.

Ulurkan berkat-Mu atas harta doa berharga ini yang aku hari ini persembahkan kepadanya sebagai janji devosiku. Amin.

(Bapa Kami, Salam Maria, dan Doa Kemuliaan)

 

PERMOHONAN

(untuk menghormati 30 tahun kehidupan tersembunyi St. Yosef bersama YESUS dan MARIA)

 

St. Yosef, doakanlah agar Yesus datang ke dalam jiwaku dan menguduskan aku.

St. Yosef, doakanlah agar Yesus masuk ke dalam hatiku dan mengilhami dengan kasih.

St. Yosef, doakanlah agar Yesus datang ke jiwaku dan mencerahkannya.

St. Yosef, doakanlah agar Yesus memandu kehendakku dan memperkuatnya.

St. Yosef, doakanlah agar Yesus mengarahkan nuraniku dan menyucikannya.

St. Yosef, doakanlah agar Yesus memandu hasratku dan mengarahkannya.

St. Yosef, doakanlah agar Yesus memandang perbuatanku dan mengulurkan berkat-Nya.

St. Yosef, doakanlah agar Yesus mengobarkan aku dengan cinta kepada-Nya.

St. Yosef, mohonkan kepada Yesus agar aku dapat meniru kebajikanmu.

St. Yosef, mohonkan kepada Yesus agar aku memiliki semangat kerendahan hati sejati.

St. Yosef, mohonkan kepada Yesus agar aku memiliki hati yang lemah lembut.

St. Yosef, mohonkan kepada Yesus agar aku memiliki kedamaian jiwa.

St. Yosef, mohonkan kepada Yesus agar aku memiliki rasa takut akan Tuhan.

St. Yosef, mohonkan kepada Yesus agar aku memiliki keinginan menjadi sempurna secara rohani.

St. Yosef, mohonkan kepada Yesus agar aku memiliki hati yang sabar.

St. Yosef, mohonkan kepada Yesus agar aku memiliki hati yang murni dan penuh kasih.

St. Yosef, mohonkan kepada Yesus agar aku memiliki kebijakan iman.

St. Yosef, mohonkan kepada Yesus agar aku memperoleh berkat-Nya untuk bertekun dalam perbuatan baik.

St. Yosef, mohonkan kepada Yesus agar aku memiliki kekuatan untuk memikul salibku.

St. Yosef, mohonkan kepada Yesus agar aku tidak meninggikan barang-barang duniawi.

St. Yosef, mohonkan kepada Yesus agar aku memiliki rahmat untuk selalu berjalan di jalan sempit menuju Surga.

St. Yosef, mohonkan kepada Yesus agar aku memiliki rahmat untuk menghindari semua kesempatan berbuat dosa.

St. Yosef, mohonkan kepada Yesus agar aku memiliki keinginan suci bagi kebahagiaan abadi.

St. Yosef, mohonkan kepada Yesus agar aku memiliki rahmat bertekun selamanya.

St. Yosef, jangan tinggalkan aku.

St. Yosef, doakan agar hatiku tidak akan pernah berhenti mengasihimu dan bibirku akan selalu memuji Engkau.

St. Yosef, demi cinta yang engkau tanggung untuk Yesus, karuniakan aku untuk belajar mencintai Dia.

St. Yosef, dengan tangan terbuka terimalah aku sebagai hambamu yang setia.

St. Yosef, aku memberikan diriku kepadamu; terimalah permohonanku dan dengarkan doa-doaku.

St. Yosef, jangan tinggalkan aku di saat kematianku.

Yesus, Maria dan Yosef, aku memberikan kepadamu hati dan jiwaku.

(Doakan Kemuliaan... 3x)

 

SERUAN KEPADA SANTO YOSEF

I

O ingatlah pasangan tersuci Santa Perawan Maria, pelindungku yang baik St. Yosef, bahwa tidak pernah terdengar siapapun yang datang ke perlindunganmu, dan mencari perantaraanmu menjadi sia sia. Dengan penuh keyakinan diriku bersujud di hadapanmu dan sungguh-sungguh mohon campur tanganmu yang penuh daya. O Bapak angkat Penebus kami terkasih, janganlah meremehkan permohonanku, tetapi dengan belas-kasihanmu, dengarkan dan jawablah aku. Amin.

 

II

St. Yosef yang Mulia, pasangan Santa Perawan Maria dan bapak angkat Yesus, pandang dan awasilah aku; tuntunlah aku di jalan rahmat pengudusan; dengarkanlah kebutuhan mendesak yang sekarang aku mohonkan kepadamu untuk menyelubungiku dalam lipatan jubah kebapakanmu. Singkirkan rintangan dan kesulitan yang berada di jalan doaku dan berikan jawaban sukacita atas permohonanku supaya aku dapat melayani demi kemuliaan Allah yang lebih besar dan keselamatanku yang kekal.

Sebagai ungkapan rasa syukurku selamanya, aku berjanji untuk menyebarkan luaskan kebesaranmu sambil bersyukur kepada Allah karena mendapatkan kekuatanmu yang penuh berkat baik di Surga maupun di bumi.

 

Litani St. Yosef

Tuhan, kasihanilah kami.

Kristus, kasihanilah kami.

Tuhan, kasihanilah kami.

Kristus, dengarkanlah kami.

Kristus, kabulkanlah doa kami.

Allah Bapa di surga, ─ kasihanilah kami.

Allah Putra Penebus dunia,

Allah Roh Kudus,

Allah Tritunggal Kudus, Tuhan yang Mahaesa,

Santa Maria, ─ doakanlah kami.

Santo Yosef,

Keturunan Daud yang termasyhur,

Cahaya bapa bangsa,

Mempelai Bunda Allah,

Penjaga Santa Perawan yang murni,

Bapa pemelihara Putera Allah,

Pembela Kristus yang giat,

Kepala Keluarga Kudus,

Santo Yosef yang amat suci,

Santo Yosef yang amat murni,

Santo Yosef yang amat bijaksana,

Santo Yosef yang amat teguh hati,

Santo Yosef yang amat taat,

Santo Yosef yang amat setia,

Cermin kesabaran,

Pencinta kesederhanaan,

Teladan kaum pekerja,

Penjungjung kehidupan rumah tangga,

Pelindung para perawan,

Penopang keluarga,

Yang ditakuti oleh Setan,

Penghibur orang malang,

Pengharapan orang sakit,

Naungan bagi orang yang mengha-dapi ajal,

Anakdomba Allah, yang menghapus dosa dunia ─ sayangilah kami ya Tuhan.

Anakdomba Allah, yang menghapus dosa dunia ─ kabulkanlah doa kami ya Tuhan.

Anakdomba Allah, yang menghapus dosa dunia ─ kasihanilah kami.

Allah telah mengangkatnya menjadi kepala Keluarga Kudus, dan berkuasa atas segala miliknya.

 

Marilah kita berdoa.

Ya Allah, dalam penyelenggaraan-Mu yang tak terperikan, Engkau telah memilih Santo Yosef menjadi mempelai Bunda Putera-Mu yang amat suci. Kami mohon kepada-Mu, berilah supaya dia yang kami hormati selaku pelindung di dunia, boleh menjadi Pengantara kami di Surga. Engkau yang hidup dan berkuasa sepanjang segala abad. (Amin.)

 

PENUTUP DOA MANTEL SUCI

Ya Bapa yang Mulia St. Yosef, engkau yang dipilih Allah melampaui semua orang untuk menjadi kepala dari keluarga Terkudus di dunia, aku mohon kepadamu untuk menerima aku dalam lipatan Mantel sucimu, supaya engkau dapat menjadi pelindung dan pemelihara jiwaku.

Mulai saat ini, aku memilih engkau sebagai bapakku, pelindungku, penasihatku, penaungku dan aku mohon kepadamu untuk menempatkan dalam perlindunganmu, tubuhku, jiwaku, seluruh diriku, semua yang aku miliki, hidup dan matiku.

Pandanglah aku sebagai salah satu dari anak-anakmu; belalah aku dari pengkhianatan musuhku, baik terlihat maupun tak terlihat, bantulah aku setiap saat dalam segala kebutuhanku; hiburlah aku dalam kepahitan hidupku, dan terutama di saat kematianku. Sampaikan sepatah kata bagiku kepada Penebus Ilahi yang mana engkau dianggap layak untuk memegang-Nya dalam tanganmu, dan juga kepada Santa Perawan Maria, pasanganmu yang paling suci. Pintakan bagiku berkat-berkat yang akan membawa aku kepada keselamatan. Sertakan aku di antara mereka yang paling engkau sayangi dan aku akan berjalan untuk membuktikan diriku layak memperoleh perlindunganmu yang khusus. Amin.

…………………….

Tambahan

DOA UNTUK SANTO YOSEF

Kepadamu kami menangis dalam kesengsaraan, O Santo Yosef yang Terberkati, sehingga kami dengan penuh keyakinan meminta perlindunganmu, juga dari pasanganmu yang maha suci, Santa Perawan Maria.

Lewat ikatan suci pengabdian yang menyatukan engkau dengan Perawan Tak Bernoda, Bunda Allah, dan untuk cinta kebapakan yang engkau berikan kepada kanak-kanak Yesus, kami mohon kepadamu untuk memalingkan pandangan pada karunia-karunia surgawi yang Penebus Ilahi telah peroleh bagi semua manusia melalui Darah Mulia-Nya dan melalui kekuatan dan belas kasihmu, bantulah kebutuhan kami.

O pelindung suci dari keluarga kudus, lindungi kami putera puteri Tuhan Yesus Kristus; jauhkanlah kami dari kesalahan dan kejahatan yang merusak dunia; bantulah kami dari Surga dalam perjuangan kami melawan kuasa-kuasa kegelapan. Dan seperti yang engkau pernah lakukan, melindungi Putera Ilahi dari keputusan kejam Herodes, belalah Gereja sekarang ini dan peliharalah agar tetap aman dari segala bahaya dan ancaman; taruhlah kami semua dalam perlindunganmu yang suci sehingga dengan mengikuti teladanmu dan dibantu oleh bimbingan rohani darimu, kami semua boleh bercita-cita untuk hidup saleh, mencari kematian suci dan mendapat jaminan bagi diri kami berkat kebahagiaan abadi di Surga. Amin.

 

DOA SALAM YOSEF

Salam Yosef, pria yang tulus, mempelai murni Maria, ayah Mesias keturunan Daud. Terpujilah engkau di antara pria, dan terpujilah Yesus, Putra Allah, yang dipercayakan kepadamu. Santo Yosef, pelindung Gereja semesta, lindungilah keluarga-keluarga kami dalam damai dan rahmat Ilahi, dan dampingilah kami pada waktu kami mati. Amin. Amin.

Comments

Popular Posts