Mendengarkan...

Sudah cukup lama saya tidak menulis catatan di blog. Kharakter Cina rupanya menyita seluruh perhatian saya. Tetapi hari-hari ini, perhatian saya terarah pada satu kharakter, yaitu karakter  聰 atau CŪNG (dibaca dengan nada agak tinggi, seperti nada MI).
Karakter ini memiliki arti dasar MENDENGARKAN. Mengapa saya katakan memiliki arti dasar, karena karakter ini juga memiliki arti lain, yaitu cerdas. Bagi saya sangat menarik bahwa kata mendengarkan itu sejajar dengan kata cerdas. Memang kata cerdas memiliki dua karakter, 聰明, CŪNG MÌHNG (kata mihng dibaca dengan cengkok turun, seperti dari nada DO ke nada SOL rendah).
Mari kita kembali ke karakter 聰. Karakter ini memiliki unsur telinga, yaitu 耳 (yíh, dibaca dengan cengkok LA rendah ke SI rendah) dan hati, yaitu 心 (sām, dibaca dengan nada MI).

Mendengarkan itu nggak cukup hanya dengan TELINGA, tetapi juga dibutuhkan HATI.
Nah, ketika seseorang sudah mendengarkan bukan hanya dengan telinga tetapi juga dengan hati, orang tersebut CERDAS. Orang tersebut mampu memilih bagian yang terbaik.

Nahhhhh.... Pada bagian ini saya teringat kata-kata Yesus pada Marta tentang Maria. Waktu itu Marta komplain pada Yesus, karena Maria tidak membantunya di dapur tetapi malah enak-enakan duduk di dekat kaki Yesus. Lalu Yesus menegur Marta,  "Marta, Marta, engkau kuatir dan menyusahkan diri dengan banyak perkara, tetapi hanya satu saja yang perlu: Maria telah memilih bagian yang terbaik, yang tidak akan diambil dari padanya."

Bagian yang terbaik, yang secara CERDAS dipilih oleh Maria adalah duduk manis mendengarkan Yesus. Tentu bukan hanya mendengarkan dengan telinga, tetapi juga dengan hati. Maria memang 聰明人 (cūng mìhng yàhn).

Ahhh, saya jadi malu dengan Maria. Kalau begitu saya tutup dulu catatannya. Mari kita ikuti Maria, memilih bagian yang terbaik.

Hong Kong, 6 Oktober 2014

Comments

Popular Posts